PPG Universitas Hamzanwadi Laksanakan SPADA I

Lombok Timur – Universitas Hamzanwadi merupakan satu-satunya LPTK di Nusa Tenggara Barat yang dipercaya sebagai penyelenggara PPG dalam jabatan tahun 2018. Kegiatan PPG dalam jabatan merupakan merupakan program Direktorat Jedral GTK Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan dengan menugaskan beberapa LPTK sebagai penyelenggaranya. Pada Tahap I 2018 Program PPG Universitas Hamzanwadi dipercaya mengelola tujuh bidang studi yaitu:

  1. Bidang Studi BK
  2. Bidang Studi Bahasa Inggris
  3. Bidang Studi Sejarah
  4. Bidang Studi Bahasa Indonesia
  5. Bidang Studi Matematika
  6. Bidang Studi Biologi
  7. Bidang Studi Sosiologi

Selai tujuh bidang studi di atas PPG Universitas Hamzanwadi sudah mengusulkan tiga bidang studi lagi yaitu:

  1. Bidang Studi PGSD (guru Kelas)
  2. Bidang Studi Ekonomi
  3. Bidang Studi Fisika

Penyelenggarakan PPG dalam jabatan diharapkan mampu meningkatkan kualitas Guru secara merata di Indonesia. Bangsa dan Negara yang unggul  hanya dapat dibangun oleh generasi yang berkualitas unggul, generasi yang berkualitas dihasilkan oleh guru-guru yang berkualitas, dan guru yang berkualitas dihasilkan dari LPTK yang perkualitas pula. Karena kualitas bangsa dan negara terletak pada kualitas guru yang menjadi peletak dasar karakter anak bangsa. Oleh sebab itu PPG dalam jabatan ini harus benar-benar dilaksanakan dengan baik sehingga nantinya akan menghasilkan guru-guru yang bersertifikat pendidik dan memiliki kualitas yang baik.

Program PPG dalam jabatan di Universitas Hamzanwadi diawali dengan Bimbingan Teknis Hybrid Learning System melalui sistem pembelajaran daring (SPADA) yang diikuti oleh TIM IT, Helpdesk, Koordinator-kordinator bidang studi, dan smua instruktur BK Universitas Hamzanwadi yang laksanakan dari tanggal 31 mei -1 juni 2018 di meeting room Gedung Rektorat Universitas Hamzanwadi dengan narasumber yang berpengalaman yaitu Suyantiningsi (UNY), Anggoro (UNTIRTA), dan Eni Astuti (BELMAWA-RISTEKDIKTI).

Pembelajaran melalui sistem daring satu dimulai dengan bidang paedagogi yang dilaksanakan sejak tanggal 31 mei 2018 sampai dengan tanggal 4 juni 2018 untuk modul 1 dengan tema pembelajaran abad 21. Proses daring I PPG universita Hamzanwadi diikuti oleh 30 orang peserta. Masing-masing peserta harus menyelesaikan enam modul paedagogik dalam proses daring I ini yang akan dilaksakan sampai dengan tanggal 1 juli 2018. (Kien. PPG 2018)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *