Gelar Proyek Kepemimpinan, Mahasiswa PPG Prajabatan Gelombang 1 Tahun 2023 Universitas Hamzanwadi Terus Berkreasi

Mahasiswa PPG Prajabatan Universitas Hamzanwadi terus berkreasi dan mengembangkan inovasi serta aktif di berbagai bidang. Kreasi dan inovasi tersebut dipamerkan dan dipresentasikan dalam kegiatan ‘Pameran Produk Projek Kepemimpinan’ di Panggung Putih Universitas Hamzanwadi pada Hari Jumat, 31 Mei 2024.

Pameran memamerkan berbagai karya mahasiswa seluruh Program Studi (Prodi) PPG Prajabatan gelombang 1 tahun 2023 di Universitas Hamzanwadi, diantaranya: program studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD), Bahasa Indonesia, Matematika, Penjas, dan Pengembangan Perangkat Lunak dan GIM. Produk dengan berbagai konsep seperti media pembelajaran, inovasi pembelajaran, produksi bahan ajar, media berbasis ICT, dan Produk UMKM yang akan dipamerkan oleh mahasiswa sebanyak 123 dengan sepuluh kelompok dan akan dipresentasikan dalam program proyek kepemimpinan ini.

Dr. H. Musifuddin, M.Pd selaku Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan Universitas Hamzanwadi, dalam sambutan pada pameran tersebut mengatakan bahwa tujuan kegiatan ini adalah agar seluruh mahasiswa PPG dapat menampilkan kontribusi yang telah dilakukan melalui kegiatan kepemimpinan. Pada Proyek Kepemimpinan ini, selain output untuk mengembangkan keterampilan kepemimpinan mahasiswa melalui kegiatan service learning yang berbasis komunitas, mahasiswa diharapkan dapat berkontribusi dalam memecahkan masalah yang ada di masyarakat.

Selain itu, Musifuddin menyampaikan bahwa program yang dikembangkan dalam program Proyek Kepemimpinan tidak terbatas pada tagihan mata kuliah saja. Harapannya, semua peserta PPG Prajabatan dapat lebih berinovasi dalam konsep yang dikembangkan untuk tujuan studi dan mengembangkan lebih lanjut untuk aktivitas lainnya.

Koordinator PPG Universitas Hamzanwadi, Dr. Muhammad Khairul Wazni, M.Pd., percaya bahwa melalui program ini para guru masa depan akan memperoleh dan mengembangkan kompetensi dan keterampilan yang komprehensif, yang tidak terbatas pada pendidikan dan pengajaran, tetapi lebih memungkinkan mereka untuk menjadi agen perubahan dengan memecahkan masalah sekolah maupun di lingkungan masyarakat.

Universitas Hamzanwadi berkolaborasi dengan sekolah dan pemerintah desa/kelurahan di provinsi Nusa Tenggara Barat. Wazni juga menyampaikan bahwa program Projek Kepemimpinan merupakan upaya agar mahasiswa dapat membuat program sendiri sesuai kemampuan dan jiwa kepemimpinannya.

Penciptaan karya-karya ini didasarkan pada berbagai alasan. Seperti halnya dengan tema Apotek Hidup, Literasi digital dan media cetak, Ecobrick, Game literasi numerisasi, Gerakan membaca, serta sejumlah karya pameran lainnya yang dikembangkan dan diinovasi oleh mahasiswa PPG Prajabatan Universitas Hamzanwadi. Semoga karya-karya ini terus dipromosikan dan membawa manfaat bagi masyarakat, dan mahasiswa juga didorong untuk berinovasi lebih lanjut untuk mendukung kegiatan belajar mengajar dan keperluan lainnya.

Bagikan :
Facebook
Twitter
WhatsApp
Artikel Terkait: