Rektor Universitas Hamzanwadi Kukuhkan 446 Mahasiswa Program Profesi Guru

SELONG – Universitas Hamzanwadi mengukuhkan 446 mahasiswa program pendidikan profesi guru (PPG) Prajabatan. Dari total 446 mahasiswa yang diukuhkan, 338 di antaranya turut hadir secara langsung (luring) dalam upacara wisuda yang diselenggarakan di auditorium kampus. Sementara sisanya, sebanyak 108 mahasiswa, mengikuti prosesi wisuda secara daring melalui platform online yang disediakan oleh universitas.

Para mahasiswa yang diukuhkan berasal dari beragam program studi, meliputi Matematika, Fisika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Ekonomi, Sosiologi, serta Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD). Keberagaman program studi ini mencerminkan komitmen universitas dalam mempersiapkan calon guru yang berkualitas dan memiliki keahlian di bidang masing-masing.

Pengukuhan mahasiswa yang telah selesai ini terdiri dari PPG Prajab angkatan 1 berjumlah 168 orang. Hadir secara luring 161 sementara 7 orang melalui daring. PPG Prajab angkatan 2 berjumlah 134 hadir langsung. Sementara PPG Daljab angkatan 1 tahun 2023 berjumlah 89 orang, untuk Retaker sebanyak 144 yang hadir luring 43 sementara 55 secara daring. Semua itu berasal dari Prodi Pendidikan Ekonomi, Bahasa Inggris , BK, PGSD, dan Penjaskes.

Rektor Universitas Hamzanwadi Dr Hj Sitti Rohmi Djalilah mengatakan wisuda ini waktu yang sangat dinantikan. Wisuda ini menunjukkan wujud rasa syukur. Diharapkan agar semua yang diwisuda ini memberikan kontribusi bagi kemajuan pendidikan. Profesi guru ini merupakan profesi yang sangat mulia.

“Kebahagian hari ini menjadi pelengkap bapak ibu selama berkontribusi sebagai seorang guru itu luar biasa. Profesi guru ini profesi yang sangat mulia. Bayangkan kemajuan negara ini tergantung pada SDM, kalau kualitas SDM rendah maka negara itu tidak akan bisa maju,” terang Umi Rohmi, Selasa (05/12/2023) dengan penuh semangat.

Menurutnya, SDM berkualitas itu sangat ditentukan oleh SDM guru yang bagus. Mereka mampu memberikan pendidikan yang baik untuk menumbuhkan karakter peserta didiknya. Kalau profesi guru ini dimaknai sebagai ibadah tentu akan tercatat sebagai amal ibadah oleh Tuhan. Bahkan ia berkeyakinan jika menjadi guru yang berkesan baik bagi muridnya maka siswanya akan mendoakannya.

“Tujuan negara mengadakan PPG ini agar kualitas guru semakin meningkat. Alhamdulillah Universitas Hamzanwadi diberikan kepercayaan oleh pemerintah. Ini adalah amanah. Saya selalu tekankan pada manajemenan agar menjaga kualitas. Alhamdulillah kita yang terbaik di NTB. Selamat dan semoga sukses,” tutupnya.

Wakil Rektor Bidang Akademik Dr Abdullah Muzakar menambahkan, apresiasi yang mendalam kepada seluruh mahasiswa yang telah menyelesaikan pendidikan mereka dengan tekun dan dedikasi tinggi. Tentunya hal ini tidak lepas dari bimbingan dari para dosen dan guru pamong yang telah membimbing dengan penuh ketekunan dan kesabaran.

“Kami bangga melihat prestasi yang telah kalian raih selama perjalanan pendidikan di Universitas Hamzanwadi. Semoga keahlian dan ilmu yang kalian peroleh dapat diimplementasikan dengan baik dalam dunia pendidikan di masa depan,” ujar Muzakar.

Ia menyebutkan, para mahasiswa telah berhasil menyelesaikan program studi dengan baik. Para mahasiswa Universitas Hamzanwadi juga telah menunjukkan prestasi dengan hasil yang sangat memuaskan. Diharapkan dengan prestasi yang mereka raih mampu memberikan kontribusi pada dunia pendidikan ke arah yang lebih baik dan berdampak pada kualitas pendidikan.

Pada akhir acara, para lulusan diberikan piagam penghargaan sebagai bentuk pengakuan atas upaya keras mereka dalam menyelesaikan program studi ini, dan Universitas Hamzanwadi tetap berkomitmen untuk terus mendukung dan menghasilkan para tenaga pendidik yang berkualitas untuk masa depan yang lebih baik.

Bagikan :
Facebook
Twitter
WhatsApp
Artikel Terkait: