TUMBUHKAN RASA BELA NEGARA, 380 MAHASISWA PPG PRAJABATAN UNIVERSITAS HAMZANWADI GELAR DIKLAT BELA NEGARA DAN WAWASAN KEBANGSAAN

Dalam rangka menumbuhkan semangat bela negara dan kemampuan akan wawasan kebangsaan, Program Pendidikan Profesi Guru (PPG) Universitas Hamzanwadi menggelar Pelatihan dan Diklat Bagi 380 Mahasiswa PPG Prajabatan di Universitas Hamzanwadi. Pelaksanaan kegiatan ini dihadiri langsung Oleh Komando Distrik Militer (KODIM) 1615 Lombok Timur dibawah Korps Rayon Militer 162 Wirabakti.

Kegiatan bela negara dan Wawasan kebangsaan ini bertujuan meningkatkan pengetahuan dan keterampilan Bela Negara serta melatih Warga Negara Indonesia yang bekerja sebagai pegawai agar bersikap dan memiliki kepribadian Pancasila, semangat Nasionalisme, dan Patriotisme yang tinggi. Kegiatan ini dilaksanakan di GOR Universitas Hamzanwadi/ Aula YPH PPD NWDI Pancor pada hari Senin, 6 Mei 2024.

Wakil Rektor 1 Universitas Hamzanwadi Dr. Abdullah Muzakar, M.Si dalam sambutannya menyampaikan selamat belajar kepada peserta PPG Prajabatan yang mengikuti Diklat Bela Negara. Ia berharap agar para peserta mengikuti pelatihan dengan sungguh-sungguh, dan menjadikan momen pendidikan bela negara ini sebagai sarana merevitalisasi semangat kebersamaan, memiliki disiplin yang tinggi, loyalitas terhadap pekerjaan, bertanggung jawab terhadap tugas yang diemban, serta memupuk jiwa patriotisme yang tinggi. Muzakkar juga mengingatkan akan pentingnya mempertahankan empat pilar konsensus dasar bangsa Indonesia, yaitu Pancasila, UUD 1945, NKRI, dan Bhinneka Tunggal Ika.

Koordinator PPG Universitas Hamzanwadi, Dr. M. Khairul Wazni, M.Pd menjelaskan bahwa kegiatan diklat bela negara dan Wawasan kebangsaan merupakan aktivitas wajib bagi mahasiswa PPG terutama PPG Prajabatan sebagai salah satu Upaya untuk menyiapkan calon guru professional yang memiliki integritas dan tanggung jawab. Selain itu pula Wazni juga menyampaikan bahwa semua rangkaian dari pelaksanaan kegiatan PPG yang ada di Universitas Hamzanwadi harus diikuti dan dilaksanakan dengan penuh tanggungjawab dan disiplin.

Sedangkan Kepala Staf Kodim 1615 Mayor Infantri Sarbini S.E menyampaikan tentang internalisasi nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Selain itu Sarbini juga menekankan tentang pentingnya bagi setiap warga negara Indonesia berhak dan wajib berkontribusi dalam menjaga Negara Kesatuan Republik Indonesia. Pelaksanaan kegiatan Bela Negara ini selain diberikan materi tentang wawasan kebangsaan dan bela negara diajarkan pula untuk Latihan Baris berbaris.

Bagikan :
Facebook
Twitter
WhatsApp
Artikel Terkait: